Jumat, 08 April 2011

MAKNA HARI PAHLAWAN

Oleh: Moh Misbahuddin, S.Ag ( Humas MTsN Model Pare )




Bulan ini adalah bulan yang sangat mulia yang harus di renungkan kembali oleh bangsa Indonesia karena Oktober yang lalu bangsa ini memasuki sebuah peristiwa yang memiliki makna yang amat sangat mendalam bagi bangsa ini. Tepatnya pada tanggal 28 Oktober merupakan tonggak bersejarah bagi sebuah perjuangan. Pada tanggal tersebut sekian puluh tahun yang lalu segenap komponen bangsa, para pemuda dan pemudi menyatakan sebuah sumpah suci bersejarah Sumpah Pemuda, menjadi ujung tombak bagi gerakan besar untuk merebut kemerdekaan.
Sumpah Pemuda menjadi sebuah roh yang melandasi berdirinya sebuah negara bernama Indonesia. keberagaman latarbelakang yang mengikatkan diri dalam satu ikatan yang indah dan suci, membentuk sebuah kekuatan yang dahsyat yang sanggup mengaliri segenap jiwa anak bangsa pada masa itu. Bentuk tindak lanjut dari sikap pantang menyerah meraih cita-cita.Oktober ini adalah hari peringatan peristiwa sejarah Indonesia yaitu hari sumpah pemuda yang ke 82. Sejak diucapkan pada tahun 1928, kita sering memaknainya sebagai sumpah untuk mempersatukan NKRI dengan segala keragaman budaya, suku, bahasa, dan kepulauan.segaimana yang tertuang dalam isi tek sumpah pemuda :
PERTAMA, KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG SATOE, TANAH INDONESIA.
KEDOEA, KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA.
KETIGA, KAMI POETERA DAN POETERI INDONESIA, MENDJOENDJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA.
Jadi jelas yang dituliskan disini adalah sebuah sumpah yang suci yang diucapkan oleh para pemuda untuk mempersatukan seluruh rakyat indonesia dari sabang sampai merauke. Mempersatukan dalam sebuah tanah air, bangsa dan bahasa, dengan tetap mempertahankan budaya dan adat istiadat masing-masing.
Sekarang banyak pemuda memaknai sumpah pemuda tak lebih sebagai acara wajib mengikuti upacara bendera,bahkan ikut upacarapun ada yang enggan, entah karena malas atau tidak mengerti sejarah bangsa. Banyak pemuda yang seperti kehilangan semangat untuk berjuang demi bangsa Indonesia. Selain itu masa muda yang seharusnya digunakan untuk berkarya malah digunakan untuk hidup berfoya-foya, bermabuk-mabukan dan akhirnya membiasakan diri hidup menganggur. Seandainya mereka bisa menggunakan potensi yang ada di dalam diri mereka maka mereka tidak akan terlarut dalam kehidupan seperti itu.
Semangat dan jiwa Sumpah Pemuda perlu digelorakan kembali dalam jiwa kaum muda sekarang. Masa depan bangsa ini terletak pada etos kerja dan semangat kaum muda jika para pemuda bangsa kita lemah tak menutup kemungkinan Negara kita akan mengalami kehancuran. Dalam sejarah bangsa manapun di dunia , kaum muda tetap menduduki posisi penting pada setiap perubahan tatanan sosial. Ini juga terjadi di Indonesia.

Arah dan perjuangan bangsa terletak pada sikap kritis dari kaum muda. Perbaikan keadaan yang buruk tertumpu pada kaum muda. Akan lebih tragis jika kaum muda terpengaruh dan menuruti jejak keadaan bangsa yang memburuk. Ini tak kita kehendaki. Kaum muda adalah harapan seluruh warga, sama dengan harapan di masa lalu, saat Sumpah Pemuda dikumandangkan. Gelora dan semangat kaum muda juga dituntut di masa sekarang, Semoga Roh Sumpah Pemuda itu tidak pergi dari bumi pertiwi tercinta ini.
Selamat merenungkan makna Sumpah Pemuda, selamat Hari Sumpah Pemuda… bangkitlah segenap pemuda…, maknai bumi pertiwi tercinta…, jangan hancurkan cita-cita pejuang kita…,

Berjuanglah wahai pemuda…!

Tidak ada komentar: