Kamis, 07 April 2011

Kakwarda Jatim

Drs. H. Saifullah Yusuf Terpilih Menjadi Kakwarda Jatim


30 Desember 2010
Kakwarda Jatim

Kakwarda Jatim

Musyawarah Daerah Gerakan Pramuka Kwartir Daerah Jawa Timur baru saja berlalu. Musda yang berlangsung dari tanggal 27 sampai dengan 29 Desember 2010 tersebut telah memilih Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sebagai Ketua Kwarda Jatim. Berikut adalah liputan tentang peristiwa penting tersebut yang dikutip dari situs seruu.com Surabaya.

Wakil Gubernur Jatim Drs. H. Saifullah Yusuf (Gus Ipul) akhirnya terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur menggantikan posisi Drs. Soenarjo, MSi. Pemilihan itu, merupakan hasil dari Musyawarah Daerah Kwarda Gerakan Pramuka Jatim yang dilaksanakan di Asrama Haji Sukolilo, Rabu (29/12/2010).

Kak Ipul (Gus Ipul) dalam acara Musda Gerakan Pramuka Kwarda Jatim (sumber: seruu.com) menuturkan secara pribadi saya belum siap dengan jabatan yang baru ini, sebab jabatan yang baru saja diterima ini bebannya sangat berat untuk diemban. Mengapa, saya berkata begitu karena selama lima tahun lamanya Pramuka Jatim dipimpin Kak Soenaryo, predikat Kwarda Gerakan Pramuka Jatim sangat baik dan bagus, yaitu sebagai Kwarda Terbaik Nasional di Indonesia.

“Itulah, alasannya mengapa saya mengatakan bahwa jabatan ini bebannya sangat berat. Apakah saya mampu membawa dan membimbing Pramuka Jawa Timur 5 tahun ke depan kearah yang lebih baik di segala bidang. Tetapi, karena desakan dan dorongan dari bapak Gubernur serta kakak – kakak Pembina, maka saya siap membantu dan bersama-sama membangun Jatim lewat Pramuka agar Jatim menjadi lebih baik, maka, saya siap dan bersedia,” tegasnya.

Walaupun secara resmi jabatan tersebut memang belum saya terima, karena memang belum ada pelantikan dan belum dilakukan serah terima jabatan dari pejabat lama ke pejabat baru. Tetapi , saya “Saifullah Yusuf“ siap dan bersedia mengemban tugas sebagai Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Timur. Semoga Allah selalu memberikan kekuatan dan berkah untuk membawa Pramuka melangkah kearah yang lebih baik dan maju.

Selanjutnya Gus Ipul mengatakan, lima tahun ke depan merupakan kebangkitan Pramuka Jatim. Untuk itu, kita sebagai orang yang dipercaya di Pramuka harus terus berpikir dan mencari model-model serta inovasi baru, kemasannyapun harus baru. Karena situasinya sudah berbeda dan tidak sama sehingga spirit kepramukaannya atau gagasannya harus mengena dengan pola pikir anak sekarang/Pramuka sekarang.

Ia menambahkan, bagaimana caranya agar Pramuka yang posisinya ada ditengah-tengah antara keluarga dan sekolahan ini bisa bermanfaat dan berbuat sesuatu yang sesuai dengan pola pikir mereka atau frekuensi mereka.

Karena bila tidak sesuai dengan pola pikir mereka, maka tidak ada gunanya seandainya kita memberikan masukan atau dorongan bagi anak-anak kita sebagai penerus bangsa. Saat ini merupakan tahun emas bagi Pramuka, karena usianya sudah genap 50 tahun. Untuk itu, saya yakin di usia yang ke 50 tahun ini pasti Pramuka sudah bisa berfikir matang dan lebih dewasa dalam membuat perencanaan program kerja lima tahun kedepan. Pramuka Jatim ke depan pasti akan lebih bermanfaat dan memberikan sumbangsih lagi bagi masyakat Jawa Timur khususnya dan negara yang kita cintai ini umumnya. [yud]

Tidak ada komentar: