1 Okt 2014

PAB 2014 "Berani untuk BerbaktI"


Penerimaan Anggota Baru (PAB) 2014
PASPRAMORE

Tanggal 13 september 2014, mungkin menjadi hari spesial bagi Pramuka yang berpangkalan di MTsN Model pare. Ya, di hari itu kami melaksanakan kegiatan rutin tahunan yang bernama Penerimaan Anggota baru atau biasa disebut PAB. Tak seperti PAB biasanya, PAB tahun ini terasa berbeda dengan datangnya 2 pembina baru, yaitu Kak Rahayu dan Kak Fima. Mereka berdua kini menjadi Pembina putri pada pangkalan MTsN Model Pare.

            Check-in dimulai pada pukul 2 siang hingga pukul 3 sore. Setelah itu dilanjut dengan Upacara Pembukaan. Pada kali ini, Pembina upacara adalah Bu Hanik Istiana,S.Pd yang menggantikan Bu Siti Umi Hanik,M.Pd.I sebagai Kamabigus MtsN Model Pare. usai upacara, para peserta PAB disuguhi pertunjukan yel yel dan parade semaphore, walau sejumlah peserta yel yel dan Parade semaphore menjadi petugas upacara, namun kesan lelah tak tersirat di tubuh mereka. Yel yel yang berdurasi 5 menit itu cukup menghibur para perserta PAB, kurang “puas”??. Tim parade semaphore unjuk gigi. Parade semaphore diawali dengan tulisan “WELCOME TO MEMBER OF PASPRAMORE PANGKALAN MTSN PARE” yang dikirim menggunakan semaphore. Walaupun mungkin para peserta PAB belum bisa membaca semaphore, namun mereka cukup senang dengan nanyian dan gerakan bendera semaphore.

 










Upacara selesai pukul 4 Sore. Setelah Upacara, para peserta PAB langsung menuju musholla madrasah untuk segera melaksanakan sholat ashar. Setelah terkena panasnya matahari, air wudhu cukup untuk mendinginkan mereka. Setelah sholat ashar, para peserta PAB mendapatkan tausyah dari para pengajar MTsN Model Pare hingga adzan isya berkumandang. Setelah sholat isya, para peserta mengisi perut mereka dengan makanan. Mereka menukarkan kupon yang telah di bagikan kepada masing masing pendaming.

Usai perut terisi, acara di lanjut dengan Upacara Api Unggun. Tepat pukul 8 malam, para serta membentuk lingkaran, memutari kayu yang siap dibakar. 10 petugas dasa dharma sudah siap di belakang barisan. Walaupun masih memakai obor, namun api dijatuhkan dari atas menara, dan obor tersebut difungsikan untuk membakar petasan.






Api unggun kali ini sungguh sangat berbeda dengan perkemahan biasanya. Karena, kayu terbakar setelah desingan petasan yang menambah gemerapnya malam. Nampak raut muka senang dan takut di wajah peserta PAB. Pukul 8.45 para peserta PAB di ajak untuk bernyanyi bersama dengan atraksi yel yel. Usai yel yel, kak rozak mengisi waktu selang antara pertunjukan seni satu dengan yang lainnya. Dan pentas seni pertama ialah tarian sekar wilis, yang di tarikan oleh, kak Aliza, kak Yaya dan kak Vigyant. Setelah itu dilanjutkan oleh tari jaranan. Dan yang terakhir ialah pencak silat, di pencak silat ini, kak halim, kak fajar dan kak agung membuat skenario kesurupan. Didalam skenarionya, para peserta Nampak hanyut dalam suasana.Tepat pukul 10 malam, Para peserta dipersilahkan untuk kembali ke tenda dan Camp mereka. Selamat malam.

           
            Pukul 3 Pagi, Peserta PAB tebangun dari tidurnya, mereka langsung menuju musholla untuk melakukan sholat malam berjama’ah, dilanjut dengan tausiyah sampai sholat subuh. Setelah sholat subuh, para peserta PAB menuju lapangan untuk melakukan senam Pagi. Usai senam pagi, Para peserta PAB mengisi bahan bakar mereka berupa makanan. Perut yang telah lapar semenjak pagi hari, terasa kenyang begitu menyantap makanan dipagi hari.

            Tepat Pukul 7 Pagi, Peserta PAB diajak untuk menjelajah, rutenya tidak terlalu rumit dan tidak terlalu jauh. Selama rute terdapat 7. Setiap melewati Pos tersebut, para peserta PAB wajib menjawab tantangan dan pertanayaan. Start adalah Madrasah, dan finish di Pos 7. Tantangannya tidak begitu sulit, semacam di Pos 2 kita diwajibkan untuk menghafal dasa dharma, dan di Pos 6 para peserta PAB diwajibkan untuk menyanyikan lagu kebangsaan.

            Seluruh Peserta kembali di madrasah pukul 10 pagi, semangat mereka masih terlihat. Tanpa lama lama, Upacara Penutupan PAB 2014 ini berlangsung,
Dan pelepasan tanda peserta PAB di lakukan oleh kak Zam zami selaku Pembina GUDEP MTsN Model Pare. Inilah keseruan di PAB 2014 “BERANI UNTUK BERBAKTI” Salam Pramuka. ^_^ Tim Jurnalis Paspramore







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah mengunjungi Web Pramuka MTsN 1 Kediri ( Pramuka MTsN Pare) kami semoga sukses kakak-kakak